Selasa, 03 September 2013

Mourinho: Oezil Pemain Unik, Tidak Ada Duplikatnya!

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Arsenal dinilai sukses mendatangkan pemain paling bernilai di bursa transfer pemain kali ini. Kedatangan Mesut Oezil ke Emirates Stadium yang dilepas Real Madrid dengan banderol 50 juta euro atau setara Rp 724 miliar dianggap sebagai harga yang pantas.
Kedatangannya memecahkan rekor transfer Arsenal atas nama Jose Antoni Reyes dari Sevilla sebesar 17,5 juta pound, Santi Cazorla dari Malaga sebanyak 16,5 juta pound, Andrei Arshavin dari Zenit St Petersburg sebesar 15 juta pound, dan Sylvain Wiltord dari Bordeaux sebanyak 13 juta pound.
Pemain kidal tersebut dikontrak selama lima tahun dengan gaji sebesar 130 ribu pound atau sekitar Rp 2,3 miliar per pekan. Melihat catatan statistik, tidak ada keraguan bagi pecinta bola terkait kemampuan penggawa der Panzer itu.
Mesut OezilDikutip Daily Mail, Selasa (3/9), Oezil berperan sebagai pengumpan dengan tingkat akurasi jitu dan berperan sebagai pendistribusi bola di Madrid. Sejak didatangkan dari Werder Bremen pada 2010, Oezil menciptakan 47 assist yang setara yang Lionel Messi.
Namun ia unggul jauh dari Franck Ribery yang membukukan 38 assist selama tiga musim terakhir. Eden Hazard (Lille dan Chelsea) dan Juan Mata (Valencia dan Chelsea) hanya menciptakan 37 assist, disusul Cristiano Ronaldo dan Cecs Fabregas masing-masing 34 assist.
Bahkan, pada musim terakhirnya merumput di Santiago Bernabeu, Oezil dinilai lebih kreatif dibandingkan Fabregas yang sempat menjadi incaran Arsenal dan Manchester United. Kebetulan dua klub tersebut sejak awal menaruh minat mendatangkan pemain berusia 24 tahun itu.
Catatannya, Oezil bermain selama 2.036 menit dan membukukan 13 assist, menciptakan 91 peluang, dan membuat 137 umpan. Adapun, Fabregas bermain 2.317 menit dan mengkoleksi 11 assist, membuat 52 peluang, dan menciptakan 42 umpan.
Karena itu, pantas saja Jose Mourinho yang dikenal pelit pujian memberikan komentar positif tentangnya. Mourinho menganggap sosok pemain keturunan Turki tersebut merupakan gabungan sosok Luis Figo dan Zinedine Zidane.
“Dia (Oezil) pemain unik. Tidak ada duplikat dari dirinya, bahkan tidak satu pun pemain,” kata the Happy One. 
~im support el-buho~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar