Selasa, 22 Mei 2012

Chelsea Angkat Peringkat Inggris di Eropa

 
Munich - Kemenangan dramatis Chelsea di Munich adalah kemenangan keempat klub asal Inggris di era Liga Champions. Kini jumlah kemenangan mereka di final Liga Champions cuma kalah dari Spanyol.

Chelsea berhasil meraih gelar pertama Eropa mereka setelah mengalahkan Bayern Munich lewat adu penalti di Allianz Arena, Minggu (20/5/2012) dinihari WIB. Mereka menjadi tim ke-22 yang menorehkan namanya di trofi bergengsi kejuaraan antarklub benua biru tersebut.


Kemenangan itu membuat klub-klub Inggris menguntit Spanyol dalam berburu rekor kemenangan terbanyak di final Liga Champions. Jika Spanyol sudah 13 kali, Inggris menyamai Italia dengan 12 kali.

Keberhasilan klub London tersebut ikut menjejaki apa yang telah ditorehkan Manchester United yang juara pada tahun 1999 dan 2008, serta Liverpool di tahun 2005, sejak kompetisi ini berubah format mulai musim 1992/93.

Chelsea, yang dikalahkan melalui adu penalti oleh MU di final 2008, adalah tim kesepuluh yang lebih dulu menjadi runner-up kemudian bisa juara. Yang terakhir membuat catatan itu adalah Borussia Dortmund di tahun 1997.

Berikut daftar juara di Liga Champions

9 kali- Real Madrid CF (ESP)
7 - AC Milan (ITA)
5 - Liverpool FC (ENG)
4 - AFC Ajax (NED), FC Bayern Munich (GER), FC Barcelona (ESP)
3 - FC Internazionale Milano (ITA), Manchester United FC (ENG)
2 - SL Benfica (POR), Juventus (ITA), Nottingham Forest FC (ENG), FC Porto (POR)
1 - Celtic FC (SCO), Chelsea FC (ENG), Hamburger SV (GER), FC Steaua Bucuresti (ROU), Olympique de Marseille (FRA), Feyenoord (NED), Aston Villa FC (ENG), PSV Eindhoven (NED), FK Crvena zvezda (SRB), Borussia Dortmund (GER)

Berikut daftar jumlah klub peraih Liga Champions berdasarkan negara asal:-

13 - Spanyol
12 - Inggris, Italia
6 - Jerman, Belanda
4 - Portugal
1 - Prancis, Rumania, Skotlandia, Serbia

2 komentar: