Kamis, 10 Oktober 2013

Antares Bintang Terbesar


Fachry sudah belajar tentang tata surya di pelajaran Sience. Fachy juga dapat tugas membuat clipping tentang tata surya yang bisa diambil dari majalah, koran atau internet. Untungnya ibu bantu Fachry cari bahan clipping dari internet. Ibu lalu mengeprint beritanya. Salah satu bahan clipping Fachry adalah tentang ukuran benda-benda yang ada di langit. Wooowww...ibu cerita seru sekali.

Di sekolah Fachry jadi tahu kalau selain Bumi, ada juga planet-planet lain yang berputar mengelilingi matahari. Seperti planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Plu .... uppss... Pluto bukan planet lagi sekarang, kata Bu Ni'mah. Fachry ingat itu. Nah gambar tata surya seperti gambar di atas itu, tuh.

Ibu menunjukkan Fachry ukuran Bumi dibandingkan dengan planet-planet lain yang berukuran lebih kecil dari Bumi. Wah Bumi memang besar ya. Milyaran orang tinggal di Bumi. Lihat deh gambarnya. Bumi paling besar jika dibanding dengan Venus, Mars, Mercurius, apalagi Pluto.


"Coba Fachry kita lihat lagi gambar perbandingan Bumi dengan planet yang lebih besar," kata Ibu. Upppss.... ada Saturnus, Uranus, Neptunus dan...haaa....Jupiter besar sekaliii ...Serem ya, bu, kata Fachry. Bumi bisa ketabrak loohh.


"Lihat Fachry, ini yang lain lagi," kata Ibu bikin Fachry penasaran. Gambar yang ditunjukkan oleh Ibu membuat Fachry tambah melongo. Sebab Ibu menunjukkan gambar matahari yang besar sekali. Bumi hampir tidak kelihatan kalau dibanding matahari. Untungnya letak Bumi jauh dari Matahari. Coba kalau seumpama letak Bumi ada di tempatnya Merkurius, pasti Bumi sudah meleleh dari jaman purbakala.

Fachry kira matahari itu benda langit yang paling besar sebelum Fachry lihat gambar selanjutnya. Ibu kasih tau Fachry kalau ternyata ada bintang yang besaar sekali sampai-sampai matahari cuma seperti gundu kecil di samping bola basket. Nama bintang besar itu


Arcturus. Huahhh... Fachry menghela nafas.
"Ini gambar terakhir yang ibu punya. Lihat Fachry, bintang A
rcturus yang begitu besarnya ternyata ada yang lebih besaar, namanya Antares," kata Ibu menerangkan Fachry.


"Bumi udah gak kelihatan ya, bu ?" tanya Fachry.

"Iya, nak. Bumi sudah seperti debu kecil sekali nggak kelihatan kalau dibanding dengan besarnya bintang Antares," kata Ibu.


Ibu melanjutkan," Nah Fachry, kita sebagai orang Islam, kalau melihat ciptaan Allah yang hebat ini, kita harus bilang apa ?"

Ah apa ya, Fachry kok lupa. Apa yaa ....

Ibu bantu Fachry ," Harus bilang, Sub ..... ..."

Hmm... bener gak yaa , Fachry ragu sih, tapi Fachry coba menebak cepat-cepat sebelum Ibu kasih tau jawabannya. Sambil sedikit teriak dan muka ragu Fachry bilang ,

" SUBTROPIS!"

.....bener gak yaa...
"Bukan subtropis, tapi Subhanallah,yang artinya Maha Suci Allah" kata Ibu mengkoreksi jawaban Fachry.

Oya, kata Ibu, ada juga bintang yang lebih besar dari Antares, tapi Ibu nggak punya gambarnya. Ah Fachry jadi senang bisa tahu kebesaran Allah lewat ciptaan-Nya.


http://asdwira.blogspot.com/2009/12/antares-bintang-terbesar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar